Jumat, 04 Mei 2012

BAB II SIPEDES (sistem informasi pelayanan desa)

BAB II
LANDASAN TEORI

2.1              Definisi
Dengan memperhatikan permasalahan dan tujuan dari penelitian ini, maka judul yang diambil dalam penelitian ini adalah “SISTEM INFORMASI PELAYANAN DESA BERBASIS WEB”

2.1.1        Konsep Dasar Sistem Informasi
Sistem sendiri berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi.
“Suatu sistem adalah kumpulan elemen, komponen, atau subsistem yang saling berintegrasi dan berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu“(Supriyanto Aji,2005:238)

“Ada dua kelompok pendekatan dalam mendefinisikan sistem, yaitu yang menekankan pada prosedurnya dan menekankan komponen atau elemennya.” (Supriyanto,Aji:2005).

            Disimpulkan bahwa pengertian sistem adalah : Suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur dan kumpulan dari elemen-elemen  yang saling berhubungan dan berinteraksi  untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Suatu sistem dibuat untuk menangani sesuatu yang berulang kali atau yang secara rutin terjadi. Pendekatan sistem merupakan suatu filsafat atau persepsi tentang struktur yang mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan atau operasi-operasi dalam suatu organisasi dengan cara yang efisien dan yang paling baik.
A.    Karakteristik Sistem
Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentu, yaitu mempunyai komponen-komponen (component), batas sistem (boundary), lingkungan luar sistem (environment), penghubung (interface), masukkan (input), keluaran (output), pengolah (process), dan sasaran atau tujuan (goal).
1.        Komponen Sistem
Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang artinya saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen sistem atau elemen-elemen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari suatu sistem. Setiap sistem tidak peduli betapapun kecilnya, selalu mengandung komponen-komponen atau subsistem-subsistem. Setiap subsistem mempunyai sifat-sifat dari sistem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan. Suatu sistem dapat mempunyai suatu sistem yang lebih besar yang disebut dengan supra sistem. Misalnya suatu perusahaan dapat disebut dengan suatu sistem dan industri yang merupakan sistem yang lebih besar dapat disebut dengan supra sistem.

2.        Batasan Sistem
Batas Sistem (boundary) merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batasan Sistem memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai satu kesatuan. Batasan Sistem menunjukan ruang lingkup (scope) dari sistem tersebut. 
3.        Lingkungan Luar
Lingkungan Luar (boundary) adalah segala sesuatu yang berada diluar sistem yang mempengaruhi sistem. Lingkungan luar sistem dapat bersifat menguntungkan dan dapat juga merugikan sistem tersebut. Lingkungan luar yang menguntungkan merupakan energi dari sistem dan harus tetap dijaga dan dipelihara, sedang lingkungan luar yang merugikan harus ditahan dan dikendalikan, kalau tidak hal tersebut dapat menggangu kelangsungan hidup dari sistem.
4.        Penghubung Sistem
Penghubung (interface) merupakan media penghubung antar satu sistem dengan sistem yang lainnya. Melalui penghubung sistem ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari satu sistem ke subsistem lainnya. Keluaran (output) dari satu subsistem akan menjadi masukkan (input) untuk subsistem yang lainnya melalui penghubung satu subsistem  dapat berintegrasi dengan subsistem yang lainnya membentuk satu kesatuan.
5.        Masukkan Sistem
Masukkan (input) adalah data yang dimasukkan ke dalam sistem. Masukkan (input) dapat berupa (data ,bahan baku,peralatan,energi )
6.        Keluaran Sistem
Keluaran  (output) adalah hasil dari data yang diolah dan diklarifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan. Keluaran dapat merupakan masukkan untuk sistem yang lain atau kepada supra sistem. Misalnya untuk sistem komputer, panas yang dihasilkan adalah keluaran yang tidak berguna dan merupakan hasil sisa pembuangan, sedang informasi adalah keluaran yang dibutuhkan. 
7.        Penyimpanan
Penyimpanan (setorage) merupakan media penyangga diantara komponen tersebut bekerja dengan berbagai tingkatan yang ada dan memungkinkan komponen yang berbeda dari berbagai data yang sama. Yang digunakan untuk penyimpanan sementara berupa  informasi, energy, bahan baku dan sebagainya.

2.1.2        Pengertian Informasi
Informasi ibarat darah yang mengalir dalam tubuh suatu organisasi, sehingga informasi ini sangat penting di dalam suatu organisasi, Suatu sistem yang kurang mendapatkan informasi akan menjadi luruh, kerdil dan akhirnya berakhir.
  Pengertian Informasi adalah data yang diolah  menjadi bentuk yang lebih berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan saat ini atau mendatang(Supriyanto, Aji : 2005 :243).
Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian-kejadian (event) adalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu, dalam dunia bisnis, kejadian-kejadian nyata yang sering terjadi adalah perubahan dari suatu nilai yang sering disebut dengan transaksi. Kualitas dari informasi  yang ditunjang oleh tiga buah pilar yaitu :
1.    Akurat
Berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak biasa atau menyesatkan. Akurat juga berarti informasi  harus jelas mencerminkan maksudnya. Informasi harus akurat karena dari sumber informasi sampai ke penerima informasi kemungkinan banyak terjadi gangguan yang dapat merubah atau merusak informasi tersebut.
2.    Tepat pada waktunya
Berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat. informasi yang sudah usang tidak akan mempunyai nilai lagi, karena informasi merupakan landasan di dalam pengambilan keputusan. Bila pengambilan keputusan terlambat, maka dapat berakibat fatal untuk organisasi. Sekarang ini, mahalnya nilai informasi disebabkan harus cepatnya informasi tersebut di dapat, sehingga diperlukan teknologi-teknologi mutakhir untuk mendapatkan, mengolah dan mengirimkannya.
3.    Relevan
Berarti informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda.




2.1.3        .Pengertian Sistem Informasi

Sistem informasi (Information System) adalah suatu system di dalam organisasi, yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan ” (Supriyanto,Aji:2005:243).

Pengertian dari sistem informasi menurut Komunitas Mahasiswa Sistem Informasi di Yogykarta memaparkan bahawa Sistem informasi adalah sebuah aplikasi komputer yang digunakan untuk mendukung operasi dari suatu organisasi serta merupakan aransemen dari orang, data dan proses yang terjadi di dalamnya yang berinteraksi satu sama lain dalam menudukung dan memperbaiki organisasi serta mendukung dalam pemecahan masalah dan kebutuhan pembuat keputusan ”(KAMI, 2008).

2.1.4        Definisi Website
Website atau situs juga dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website.

2.2               Sistem Informasi Pelayanan Desa Berbasis Web

2.2.1        Definisi Desa

Menurut (R.Bintarto.1997 )
“Desa adalah merupakan perwujudan geografis yang ditimbulkan oleh unsur-unsur fisiografis, sosial, ekonomis politik, kultural setempat dalam hubungan dan pengaruh timbal balik dengan daerah lain”. 
Menurut (Sutarjo Kartohadikusumo 1965)
“Desa merupakan kesatuan hukum tempat tinggal suatu masyarakat yang berhak menyelenggarakan rumahtangganya sendiri merupakan pemerintahan terendah di bawah camat”.
       Dari dua pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa Masyarakat pedesaan ditandai dengan pemilikan ikatan perasaan batin yang kuat sesama warga desa, yaitu perasaan setiap warga/anggota masyarakat yang amat kuat yang hakikatnya, bahwa seseorang merasa merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat di mana is hidup dicintainya serta mempunyai perasaan bersedia untuk berkorban setiap waktu demi masyarakatnya atau anggota-anggota masyarakat, karena beranggapan sama¬sama sebagai anggota masyarakat yang saling mencintai saling menghormati, mempunyai hak tanggung jawab yang sama terhadap keselamatan dan kebahagian bersama di dalam masyarakat.
2.2.2        Sistem Informasi Desa
Selain mendukung efektivitas dalam pelayanan dan administrasi surat-menyurat,  SIPEDES juga punya beberapa manfaat lain. Pertama, mendukung  proses demokrasi di tingkat lokal, keterbukaan informasi, dan transparansi dalam keuangan. Dengan SMS, warga bisa mengirimkan keluhan atau masukan tentang pelayanan pemerintah desa atau masalah lain. Keluhan warga yang masuk langsung muncul dalam bentuk running text di komputer semua Kepala Bagian Pemerintah Desa Terong. Dengan sistem ini, masyarakat desa yang biasanya ewuh pakewuh untuk menyampaikan kritik, keluhan, atau masukan bisa diatasi dengan media SMS (Mart Widarto, 2011).
2.2.4 Definisi Sistem Informasi Pelayanan Desa Berbasis Web
        Sistem Informasi Pelayanan Desa Berbasis Web adalah  sebuah  sistem informasi yang  tidak pernah  selesai dalam  pembangunannya, akan terus  berkembang  sesuai  dengan  kebutuhan  di  tingkat  lokal.  Selalu  ada  input  yang  bisa  dijadikan sebagai bahan untuk mengembangkan sistem ini  
         Mendokumentasikan data dan pelayanan terhadap pemerintahan desa guna  memudahkan  proses  pencarian data dan pelayanan terhadap masyarakat khusunya pada surat menyurat.
2.3              Aplikasi Yang Digunakan
Website ini menggunakan beberapa software seperti, Adobe Photosoap CS3, Swish v2.0,  Macromedia Dreamweaver MX 2004 dan Xampp-win 32-1.7.0

2.3.1        Photoshop
        Adobe Photoshop merupakan salah satu program pengolah gambar profesional. Banyak dipakai oleh desainer dalam mengolah gambar sehingga sesuai dengan yang dikehendaki. Dengan berbagi penambahan fasilitas yang sebelumnya tidak terdapat pada release dibawahnya.
Kelebihan Adobe Photoshop CS3 adalah
    1. Membuat tekstur dan material yang beragam.
Dengan langkah-langkah tertentu, seorang Desainer dapat membuat gambar misalnya daun, logam, air, dan bermacam gambar lainnya
    1. Mengedit foto dan gambar yang sudah ada
Ada desaingrafisvector and vexel.Adobe menyediakan filter "reduce grain" (mengurangi grain) yang dapat membantu mengoptimalkan foto yang diambil pada kondisi kekurangan cahaya.
    1. Memproses materi Web
Photoshop juga digunakan untuk keperluan web, misalnya: kompresi file gambar agar ukurannya lebih kecil, memotong gambar kecil-kecil (slice), dan membuat web photo gallery. Dengan Adobe Image Ready, gambar yang sudah ada bisa dibuat untuk keperluan web, misalnya menjadi rollover dan animasi GIF

Kelemahan Adobe Photoshop CS3 adalah
Kelemahan Adobe Photoshop dalam menciptakan Image adalah bahwa Adobe Photoshop hanya bisa digunakan untuk menciptakan Image yang statis, dan juga dengan berkembangnya versi Photoshop sekarang ini spesifikasi Komputer untuk menjalankan program Adobe Photoshop juga harus sudah tinggi dan yang pasti akan diimbangi oleh harga yang tinggi pula

          2.3.2 Swish v2.0
        Swish adalah program aplikasi untuk membuat animasi interaktif dalam format flash (*.swf). Swish menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam proses pembuatan animasi, dengan tersedianya banyak efek siap pakai, terutama untuk animasi teks

Kelebihan Swish v2.0
1. Mudah digunakan dalam membuat animasi-animasi teks yang kompleks, animasi image, grafik dan suara dalam waktu singkat;
2. Sangat mudah dipelajari dan memiliki antarmuka yang mirip dengan antarmuka Macromedia Flash
3.   Dapat mengekspor file ke format file.swf (Macromedia Flash) dan format file.avi;
4. Animasi-animasi SWiSH dapat dimasukkan ke dalam halaman web atau diimporke dalam Flash;
5. Hasil animasi SWiSH dapat dikirim melalui sebuah e-mail,disatukan dalam sebuah presentasi Microsoft PowerPoint, atau dimasukkan ke dalamsebuah dokumen Microsoft Word;

Kelemahan Swish v2.0
1. Memerlukanprogram Macromedia Flash Player terinstal, jika ingin mengaktifkan ikon tes player;
2. Perlu mempelajari konsep-konsep animasi dan terminologi dari perangkat lunak ini serta mengembangkan kreativitas untuk menghasilkan animasi yang menarik

2.1.3  Macromedia Dreamweaver
        Program ini banyak digunakan oleh para pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan untuk menggunakannya. Versi yang digunakan oleh penulis adalah Adobe Dreamweaver CS4.
Kelebihan Macromedia dreamweaver CS4
1. Kemampuannya membuat halaman web yang terlihat konsisten.
Adobe Dreamweaver sudah terinstall beberapa template yang elegan dan menarik. Tentunya ini memudahkan anda yang ingin belajar membuat sebuah web namun anda belum mampu membuat design web sendiri.

2. Mudah untuk mengupload melalui FTP
Dreamweaver sudah dilengkapi dengan fitur FTP jadi setelah anda selesai membangun sebuah web, anda bisa langsung menguploadnya melalui FTP . FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.

3. Dapat dikustom
Dreamweaver dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang anda perlukan. Menu, tab, perintah, font dan warna semua kode dapat disesuaikan dengan preferensi pribadi. Hal ini dapat secara efektif memudahkan proses desain web. Selain itu dreamweaver didukung banyak plug-in yang membantu anda dalam proses desai

Kelemahan Macromedia Dremweaver CS4
1.                   Ukuran file halaman internet yang dibuat dari Macromedia Dreamweaver CS 4 cenderung lebih besar dari pada halaman internet yang dikode langsung oleh tangan (Hand Coded), dimana mengakibatkan menurunnya peforma Web Browser.
2.       Tidak memenuhi standar W3C.
3.      Tingkatan user dari Experience menengah ke atas.

2.1.4  Xampp
        adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program.
Kelebihan xampp
a.       Sebagai server yang berdiri sendiri atas program apache HTTP server, Mysql database dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan pemrograman PHP.

Kekurangan Xampp
b.      Sebagai server yang bias di jalankan dalam satu computer dan tidak ada fasilitas web server.



Sistem Informasi Desa

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright @ 2013 Blogernya Anak Baru Kemaren.